Informasi Kesehatan Terlengkap dan Terpercaya

17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Selamat ya bunda atas kehamilannya, semoga bunda dan janin tetap sehat. amin.

Berikut abiumi ingin berbagi beberapa informasi nutrisi dalam kelompok makanan yang sangat disarankan untuk bunda konsumsi karena penting untuk memaksimalkan perkembangan kesehatan bayi dalam kandungan bunda.


Makanan yang sehat untuk ibu hamil harus mengandung berbagai macam nutrisi guna mendukung kehamilan bunda. Selain itu makanan yang tepat bisa mengatasi berbagai macam gangguan beberapa penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti berikut :



Asam folat;  Agar bayi tidak lahir cacat

Kalsium; untuk pertumbuhan tulang dan gigi
Serat;  membantu pencernaan bagi ibu hamil
Zat besi;  untuk memaksimalkan menyalurkan oksigen ke janin
Protein;  untuk membangun struktur tubuh dan otak yang baik
Omega 3;  pertumbuhan bagi organ dan juga syaraf
Magnesium;  Mengurangi risiko kelahiran bayi prematur
Kalium;  menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh 
Vitamin B6;  Membantu kinerja sistem syaraf dan juga otak janin


17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan sehat yang disarankan untuk dikonsumsi bunda, beserta dengan manfaatnya:


1. Bayam (#Kaya Asam Folat)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Sayuran ini mengandung bermacam nutrisi seperti zat besi, folat, kalsium dan juga serat. Serat bayam bisa membantu bunda mengatasi masalah seperti sembelit dan gangguan pencernaan. Bayam juga mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh bagi bunda. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sangatlah baik guna mendukung proses pembentukan tulang janin. Dan zat besi pada sayuran ini bisa membantu tubuh bunda dalam memproduksi sel-sel darah merah. Bayam yang masih segar sangat disarankan untuk dikonsumsi. Bunda bisa memasak sayuran ini dengan kombinasi wortel dan sedikit tambahan bawang merah.


2. Brokoli (#Kaya Serat)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Penyajian terbaik untuk brokoli adalah dengan mencampurnya dalam resep olahan sup. Sebaiknya bunda jangan mengkonsumsi brokoli yang sudah disimpan dalam kulkas selama lebih dari sehari karena kandungan nutrisinya sudah tidak baik.


3. Kubis (#Kaya Kalsium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kubis harus masuk dalam menu makanan harian bunda ketika sedang hamil. Kubis untuk ibu hamil wajib bunda masak hingga matang. Hindari mengkonsumsi kubis mentah saat sedang hamil karena bisa membayakan janin bunda. Namun jika sayuran ini dibuat seperti sup atau tumis sangatlah baik untuk kesehatan bunda saat hamil.


4. Kembang Kol (#Kaya Kalium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kembang kol adalah jenis sayuran kubis yang memiliki bentuk mirip seperti sayur brokoli namun dengan warna putih. Kembang kol untuk ibu hamil bisa dimasak menjadi sajian sup atau sayuran tumis dengan kombinasi sayur lain. Selain memiliki rasa yang lezat dan juga renyah, kembang kol juga sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin bunda.


5. Kacang hijau (#Kaya Asam Folat)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau tidak perlu diragukan lagi. Salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat populer di Indonesia terbukti memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain protein nabati, kadungan mineral lain yang terkandung oleh kacang hijau adalah kalsium, fosfor, dan asam lemak tak jenuh.


6. Jeruk



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Rasa manis asam pada buah jeruk sering bermanfaat untuk mengatasi rasa mual bunda pada trimester awal pertama. Lebih dari itu semua jeruk juga mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.


7. Tomat


17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Tomat adalah makanan segar yang bisa bunda konsumsi dengan berbagai macam resep. Bunda bisa mengkombinasikan tomat didalam sup, salad atau hidangan lezat lain. Bunda juga bisa memakan tomat keadaan mentah tetapi sudah dicuci bersih tentunya. Tapi pengecualian bagi bunda yang punya masalah dengan penyakit maag sebaiknya jangan mengkonsumsi tomat.


8. Alpukat (#Kaya Omega 3)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Alpukat adalah buah yang banyak mengandung asam folat dalam kadar yang sangat tinggi. Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil terutama guna mencegah masalah cacat tabung syaraf pada janin. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat menjadi olahan jus atau dimakan dengan campuran keju. Sangat disarankan bagi bunda untuk mengkonsumsi buah alpukat secara rutin pada masa trimester kedua kehamilan.


9. Stroberi



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Buah stroberi mengandung folat dan vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan bunda. Pilihlah stroberi yang masih segar dan dicuci hingga bersih.


10. Pisang (#Kaya Kalium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Buah pisang memiliki rasa yang manis dan dapat mengatasi mual bunda selama kehamilan. Buah pisang juga bisa menjaga kesehatan bunda dari berbagai jenis penyakit karena gangguan pada pencernaan dan kekebalan tubuh.


11. Pepaya (#Kaya Kalium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Buah pepaya memiliki rasa yang cukup manis dan menyegarkan. Banyak ibu hamil yang menghindari buah ini karena mengandung banyak getah. Namun disamping itu ternyata buah pepaya sangat penting bagi kesehatan tubuh dalam masa kehamilan. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bisa melindungi bunda dari penyakit radang usus dan diare. Konsumsi buah ini cukup aman, namun jangan dilakukan pada saat trimester pertama karena bisa menyebabkan gangguan kerusakan pada janin.


12. Kacang Almond (#Kaya Kalsium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Almond mengandung berbagai jenis nutrisi dan vitamin yang penting selama masa kehamilan. Namun bagi bunda yang memiliki alergi pada kacang sebaiknya tidak mengkonsumsi almond sepanjang kehamilan.


13. Kacang Merah (#Kaya Kalium)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kacang merah bisa bunda masukkan dalam menu diet selama masa kehamilan. Kacang merah menjadi sumber protein yang sangatlah baik selama kehamilan. Bunda bisa mengkonsumsi kacang merah yang telah diolah menjadi sup atau jenis masakan lezat lain.


14. Kedelai (#Kaya Omega 3)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kedelai bisa menjadi sumber makanan yang sangat bergizi untuk bunda. Kedelai mengandung banyak asupan protein, asam folat dan serat dalam jumlah yang tinggi. Bunda bisa mencukupi kebutuhan kedelai dari jenis makanan seperti tempe, tahu dan susu kedelai.


15. Ikan Sarden (#Kaya Omega 3)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Ikan sarden mengandung banyak asam lemak omega 3 tak jenuh yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol bunda selama masa kehamilan. Selain itu juga ikan sarden mengandung semua nutrisi lengkap yang dibutuhkan bunda selama kehamilan. Bunda bisa dapatkan produk olahan ikan ini dalam kemasan kaleng yang cukup populer di indonesia.


16. Ikan Kod (#Kaya Omega 3)



17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Ikan ini merupakan suplemen yang sangat baik untuk ibu hamil. Ikan kod yang sudah dikemas menjadi olahan minyak pada umumnya lebih aman dikonsumsi daripada ikan kod yang masih segar. Kandungan nutrisi terbaik dari minyak ikan kod adalah asam lemak omega 3 tak jenuh yang sangat penting untuk menjaga kesempurnaan sistem syaraf dan otak pada bayi.


17. Ikan Salmon (Top Omega 3)


17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Ikan salmon terbukti bisa menambah kecerdasan bayi sejak dalam masa kandungan. Ikan salmon juga mengatasi bunda dari kekurangan gizi selama masa kehamilan.


18. Telur (#Kaya Protein)

17+ Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi pada telur antara lain adalah protein, lemak, mineral dan vitamin yang sangat lengkap. Bagi semua wanita hamil jangan mengkonsumsi telur setengah matang dan telur mentah. Bunda bisa mengkonsumsi telur yang sudah diolah menjadi makanan lezat untuk kebutuhan nutrisi sepanjang usia kehamilan.




Tips Cermat Mempersiapkan Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Bunda sebaiknya mengolah makanan sendiri untuk menjaga kualitas makanan yang masuk ke dalam tubuh selama masa kehamilan. Berikut ini adalah panduan singkat bagi bunda untuk menyiapkan sendiri makanan sehat higienis untuk dikonsumsi :

  • Cuci bersih semua sayur dan buah yang akan dimasak
  • Untuk menghindari kontaminasi sebaiknya bunda pisahkan penyimpanan makanan mentah, terutama berbahan daging dengan makanan siap santap di dalam kulkas.
  • Gunakan talenan atau alas potong yang berbeda untuk mengolah daging mentah dengan alasan serupa di atas.
  • Masaklah olahan daging hingga benar-benar matang. Bunda perhatikan baik-baik hingga tidak menyisakan warna merah, terutama bagi daging yang masih dilapisi kulit. Begitu juga ketika bunda hendak memasak telur.
  • Cuci bersih tangan bunda dan streilkan seluruh alat dapur yang digunakan untuk mengolah daging.
  • Ketahui dan jauhi beberapa jenis makanan berbahaya untuk ibu hamil seperti makanan masih mentah atau setengah matang dan juga hati.


Di samping itu juga bunda yang sedang hamil yang mengidap kondisi penyakit tertentu, seperti diabetes gestasional, disarankan untuk selalu berkonsultasi dan taat terhadap pantangan dan anjuran dokter tentang jenis makanan yang sesuai untuk dikonsumsi.


Pantangan Makanan Ibu Hamil


Banyak ibu hamil yang merasa agak takut untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu karena rasa khawatir dengan kesehatan janin dalam kandungan. Namun berbagai jenis makanan yang sehat untuk ibu hamil sangat disarankan untuk mendukung pertumbuhan janin. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sangat dilarang selama masa kehamilan :


  • Hindari dan hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Alkohol akan masuk ketubuh ibu hamil dan masuk ke sistem peredaran darah yang akan dibawa menuju ke plasenta dan terhubung ke tubuh janin secara langsung!. Hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan janin seperti masalah kesulitan saat belajar, cacat pada janin, dan masalah perilaku pada anak-anak nantinya.
  • Bermacam jenis ikan laut yang mengandung merkuri tinggi antara lain adalah makarel, tuna dan ikan hiu. Merkuri dapat menyebabkan gangguan pada otak bayi dan beberapa kelainan organ ginjal dan juga sistem syaraf.
  • Makanan yang tidak dimasak atau diolah hingga matang. Hal ini dapat menyebabkan janin terinfeksi toksoplasma dan juga listeria bakteri. Akibatnya janin menjadi cacat, kelahiran prematur dan lebih parahnya adalah kematian dalam rahim.
  • Makanan mentah. Semua jenis makanan mentah sangat dilarang keras untuk ibu hamil karena dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri berbahaya yang menyebabkan gangguan kesehatan pada janin bunda.

Pemilihan jenis makanan untuk ibu hamil harus diseleksi dengan sangat teliti. Bunda bisa memilih jenis makanan yang bisa dikonsumsi pada setiap bagian trimester sesuai untuk kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil. Selain itu usahakan untuk mengolah makanan bunda sendiri karena pengolahan yang tepat dapat menjamin kesehatan untuk calon bayi.


Demikian Semoga Bermanfaat bagi kesehatan bunda dan janin.

Baca Juga :
9 Rahasia Makanan Sehat Untuk Diet